Kamis, 21 Januari 2010

Pelita Cinta




















A’udzubillahi minassyaithanirrajiim
Bissmillahirrahmanirrahiim
Allahumma Shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala Alihi Muhammad

I. Pengungkapan Rahasia hati Ahli Makrifat.

Rahasia hati ahli makrifatberkisar atas tiga pokok, yaitu takut, harap dan cinta. Takut itu cabang dari ilmu harap itu cabang dari yakin, cinta itu cabang dari makrifat. Tanda rasa takut itu adalah lari, tanda harap itu mencari, tanda cinta itu mengutamakan yang dicintainya diatas selainNya.
Apabila ilmu seseorang telah terbukti kebenarannya, maka dia akan takut. Jika benar rasa takutnya dia akan berlari. dan jika dia maka dia akan selamat.
Apabila telah terbit sinar yakin didalam kalbu seseorang , maka dia akan menyaksikan keutamaan. Jika ia telah mampu menatap keutamaan , maka dia berharap.Dan jika cita manisnya harapan itu menemukan iman, maka dia mencari, maka dia menemukan. Apabila sinar makrifat telah terang didalam hati, berhembuslah angin cinta. Jika angin cinta telah berhembus dan berada didalam bayangan kekasihnya, maka dia akan megutamakan kekasihnya diatas selainNya, dia akan laksanakan segala perintahNya dan menjauhi segala maksiat kepadaNya serta segala laranganNya, dan memilih sikap ini dari segala yang lainnya. Jika dia beristiqamah bersanding dgn kekasihnya dengan melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, berarti dia telah sampai kepada ruh munajat dan kedekatan.
Perumpamaan pangkal ketiga itu yaitu tanah suci, masjid dan ka'bah. Orang yang telah memasuki wilayah tanah suci, dia akan merasakan aman dari kejahatan seluruh mahluk. Orang yang masuk masjid akan aman seluruh anggota badannya dari melakukan kemaksiatan. Orang yang memasuki Ka'bah, hatinya aman dari kesibukan mengingat selain Allah SWT.
Perhatikanlah, wahai orang yang beriman! jika kamu berada pada satu keadaan yang kamu merasa senang menemui kematian , maka bersyuklah pada Allah SWT atas taufikNya dan penjagaanNya. Namun jika keadaan itu sebaliknya, maka menjauh lah dari situ dengan ketetapan hati yang benar, sesalilah kelalaian dari usiamu yang telah lewat, mintalah bantuan kepada Allah SWT untuk mensucikan yang lahir dari dosa-dosa dan membersihkan yang batin dari segala cela , putuskanlah ikatan kelalaian dari dalam hatimu dan padamkanlah api syahwat dari jiwamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar