Jumat, 22 Januari 2010

Uraian Hati
















A’udzubillahi minassyaithanirrajiim
Bissmillahirrahmanirrahiim
Allahumma Shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala Alihi Muhammad

I'rab ( uraian ) hati itu ada empat macam: raf', fat-hah, khafdh, dan waqf.
Raf' ( terangkatnya ) hati didalam mengingat Allah SWT.
Fat-hah ( terbukanya ) hati didalam rida terhadap Allah SWT.
khafdh ( rendahnya ) hati didalam kesibukan dengan selain Allah SWT.
Waqf ( terhentinya ) hati yaitu ketika dia lalai dari Allah SWT.

Perhatikanlah !, ketika seorang hamba mengingat Allah dalam keadaan tulus dengan penuh rasa hormat, maka terangkatlah semua tirai yang ada antara dia dan Allah Ta'ala. Jika hati mengikuti sumber ketentuan Allah dengan rida akan hal itu, maka hatinya terbuka dengan gembira, bahagia dan tenang. jika hatinya sibuk dengan urusan2 dunia , maka kamu menemukannya menciut dan gelap jika disebut nama Allah SWT dan ayat-ayatNya. Hatinya bagaikan sebuah rumah yang berantakan lagi sunyi tidak ada kemakmuran dan penghuni yang baik didalamnya.

Jika hati seseorang lengah dari mengingat Allah SWT, kamu akan melihatnya terhenti dari kenaikan dan terhijab . Ia menjadi keras dan gelap sejak berpisah dari cahaya pengagungan.

Tanda raf' ada tiga macam, yaitu persetujuan , tidak menyalahi, dan senantiasa rindu. Tanda fat-hah ada tiga, yaitu tawakkal, jujur dan yakin. Tanda khafdh ada tiga, yaitu ujub, riya dan rakus, dan tanda waqf ada tiga, yaitu hilangnya rasa manis ketaatan, tidak merasakan pahitnya maksiat, dan tidak bisa membedakan yang halal dan yang haram. - Mutu Manikam dari Kitab Al Hikam Syaihk Ahmad Atailah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar